Hakikat Manusia Info Lainnya

Hakikat Manusia

Assalamualaikum Wr Wb.

Ikhwan wa akhwati fillah yang insyaAllah dirahmati Allah, kita mau berbagi ilmu nih. tepatnya tentang ekskul yang kami ikuti yaitu mentoring. Pada awal masuk sekolah setelah liburan Idul Fitri beberapa pekan Umi Muji selaku tutor Mentoring Akhwat menjelaskan tentang hakikat manusia dan membuat rapat kerja untuk beberapa bulan kedepan. Mau tau gak pengertian hakikat manusia tuh apa? Siapa sih manusia itu? Dan apa tujuan Allah menciptakan manusia kami akan menjelaskan sedikit tentang hakikat manusia, maaf yah apabila ada kesalahan dalam uraiannya karena kami masih dalam proses belajar. Di simak yah.
Pengertian hakikat Manusia :
Manusia adalah makhluk paling sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT. Kesempurnaan tersebut merupakan suatu konsekuensi fungsi dan tugas manusia sebagi khalifah di muka bumi ini. Al-Qur’an menerangkan bahwa manusiaberasal dari tanah dengan berbagai macam istilah seperti : Turab, Thien, Shal-shal, dan sualalah. Hal ini dapat diartikan bahwa jasad manusia diciptakan dari berbagai macam unsur kimiawi yang terdapat dari tanah. Walaupun manusia berasal dari materi alam dan dari kehidupan yang terdapat didaamnya, tetapi manusia berbeda dengan makhluk lainnya dengan prbedaan yang sangat besar karena adanya karunia Allah yang diberikan kepadanya yaitu akal dan pemahaman. Itulah sebab dari adanya penundukan semua yang ada di alam ini untuk manusia, sebagai rahmat dan karunia dari Allah SWT “Allah telah menundukkan bagi kalian apa-apa yang ada di langit dan di bumi semuanya.”(QS. Al- Jatsiyah : 13). Kedudukan akal dalam Islam adalah merupakan suatu kelebihan yang diberikan Allah kepada manusia dibanding dengan makhluk-Nya yang lain. Dengn demikian, manusia adalah makhluk hidup. Didalam diri manusia terdapat apa-apa yang terdapat dalam makhluk hidup lainnya yang bersifat khusus. Dia berkembang, bertambah besar, makan , istirahat, melahirkan dan berkembang biak menjaga dan dapat membela dirinya , merasakan kekurangan dan membutuhkan yang lain sehingga berupaya untuk memenuhinya ia memiliki rasa kasih sayang dan cinta.

SIAPAKAH MANUSIA ?
beberapa difinisi manusia :
manusia adalah makhluk utama, yaitu di antara semua makhluk natural dan supra natural, manusia mempunyai jiwa bebas dan hakikat yang mulia. Manusia adalah makhluk kreatif. Aspek kreatif tingkah lakunya ini memisahkan dirinya keseluruhan dari alam, dan menempatkannya di samping tuhan. Hal ini menyebabkan manusia memiliki kekuatan ajaib-semu-quasi-miracolous-yang memberinya kemampuan untuk melewati para meter alami dari eksistensi dirinya, memberinya perluasan dan kedalaman eksistensial yang tak terbatas, dan menempatkannya pada suatu posisi untuk menikmati apa yang di belum di berikan alam.

TUJUAN PENCIPTAAN MANUSIA
ALLAH SWT berfirman dalam surat Ad-dzariat:56 bahwasanya:”Allah tidak menciptakan manusia kecuali untuk mengabdi kepadanya.” Mengabdi dalam bentuk apa ? ibadah dengan menjalankan perintahnya dah menjauhi larangannya.

TANGGUNG JAWAB MANUSIA TERHADAP ALLAH
Tanggung jawab hamba Allah terhadap dirinya adalah memelihara iman yang di miliki dan bersifat fluktuatif (nauk-turun), yang dalam istilah hadis nabi SAW dikatakan ( terkadang bertambah atau menguat dan terkadang berkurang atau melemah ). Allah dengan ajarannya al qur’an menurut sunah rassul, memerintahkan hambanya untuk berlaku adil dan ikhsan oleh karena itu, tanggung jawab hamba allah adalah menegakkan keadilan baik terhadap diri sendiri maupun terhadap keluarga. Hamba-hamba allah sebagai bagian dari umah yang senantiasa berbuat kebajikan juga di perintah untuk mrngajak yang lain berbuat ma’ruf dan mencegah kemungkaran. Demikianlah tanggung jawab hamba allah yang senatiasa tunduk dan patuh terhada ajaran allah dan menurut sunah rassul.

KESIMPULAN :
Manusia adalah makhluk yang paling mulia, di dalam al qur’an banyak sekali ayat-ayat allah yang memuliakan manusia dibandingkan dengan makhluk yang lainnya. Dan dengan adanya ciri-ciri dan sifat utama yang di berikan oleh Allah SWT kepada manusia menjadikannya makhluk yang terpilih di antara lainnya memegang gelar sebagai kholifah di muka bumi untuk mendapat meneruskan, melestarikan, dan memanfaatkan segala apa yang telah allah ciptakan di alam ini dengan sebaik-baiknya. Tugas utama manusia adalah beribadah kepada allah swt semua ibadah yang kita lakukan dengan bentuk beraneka ragam itu akan kembali kepada kita dan bukan untuk siapa-siapa. Patuh kepada allah swt menjadi kholifah, melaksanakan ibadah , dan hal-hal yang lainnya dari hal besar sampai hal kecil yang termasuk ibadah bukanlah sesuatu yang ringan yang bisa di kerjakan dengan cara bermain-main terlebih apabila seseorang sampai mengingkarinya. Perlu usaha yang keras dan semangat yang kuat ketika keimanan dalam hati melemah dan pertanggung jawaban yang besar dari diri kita kelak di hari pembalasan nanti atas segala apa yang telah kita lakukan didunia.

 

Schools MATSAMA manaqib Beasiswa Yatim Pondok Orang Tua Siswa Guru Ucapan Selamat Pengajian Mingguan Pengajian Bulanan Study Tour Design Grafis Pidato Muhadorh Rohis Qiroat Hadroh Pencak Silat Taekwondo Marawis Nasyid Paskibra Pramuka Ekstrakulikuler Osis Kegiatan Sekolah

Profil Penulis

Administrator

Administrator
Administrator adalah seorang web programmer yang bekerja sebagai freelance programmer dan tenaga IT di salah satu perusahaan swasta di daerah DKI jakarta, juga seorang Founder dari createkno.info dan acengwahab.info yang telah melahirkan banyak website inovatif.

 

Artikel Terkait

    0 Komentar Pada Artikel Ini

 

Tinggalkan Komentar