Tentang Kami

Sejarah


Berbicara sejarah,kita pasti ingat akan ungkapan soekarno”jas merah(jangan sekali kali lupakan sejarah)” mantep kan ??? begitulah pentingnya sejarah bagi kita,karna sejarah itu bisa kta jadikan pelajaran,yang dulunya baik maka saat ini kita harus mencontohnya,apabila dulunya buruk maka kita harus meniggalkan atau merubah itu di masa kini.


Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin berdiri tahun 1988 di lingkungan pon-pes Al-Mukhlishin ciseeng,adalah sekolah lanjutan berbasis agama pertama di daerah tersebut.atas prakarsa bapak H.Zaenal Abidin berdirilah sekolah tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan sekolah lanjutan tingkat atas di daerah ciseeng. Gedung Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin pertama kali adalah gedung yang sekarang ditempati Mts Al-Mukhlishin,dan yang sekarang dipakai untuk KBM adalah gadung Eks.SMAI Al-Mukhlishin,hah ? Bekas ??
Kepala sekolah pertama MA Al-Mukhlishin adalah Bapak Akrom dan Wakilnya Bapak Mahmud Sidik, Periode ke-2 ialah Heri Juhaeri B.A. beliau berasal dari cirebon yang menjadi kepala sekolah dari awal berdiri Aliyah Al-mukhlishin,yaitu tahun 1988 sampai tahun 1997.pada masa beliau, peminat Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin bisa di bilang cukup banyak,mencapai delapan puluh tujuh orang dalam satu angkatan,dan yang termasuk siswa angkatan pertama Madrasah Aliyah adalah guru kita bersama yaitu Bapak ilyas S.Ag dan Bapak Yusup S.Ag.
Waktu berlanjut,lalu kemudian jabatan kepala sekolah di gantikan oleh bapak Drs Warsono,beliau juga adalah orang cirebon yang menjadi kepala sekolah madrasah aliyah al-mukhlishin dari tahun 1997 sampai tahun 1999.nah kepala sekolah ketiga yang menjabat di ma al-mukhlishin adalah bapak Drs Suparman M.Pd. yang biasa di sapa Abi Parman,dan yang menjadi wakilnya adalah bapak Ir. Cahya Purnama.beliau berdua adalah orang yang dari awal aliyah berdiri sampai sekarang tetap eksis di sekolah ini,beliau telah jadi bagian yang tak terpisahkan dari aliyah.”asssiik. beliau menjadi kepala sekolah dari tahun 1999 sampai tahun 2006, walaupun sudah tidak menjabat tapi abi parman tetap mengajar di madrasah aliyah al-mukhlishin.setelah abi parman, jabatan kepala sekolah dipegang oleh bapak Yaya Suhaya,beliau tidak lama menjadi kepala sekolah, hanya dari tahun 2006 sampai tahun 2008, kemudian digantikan oleh Bapak Ustad Aden. bapak ustad aden menjadi kepala sekolah dari tahun 2008,pa aden adalah sosok yang tak asing karana sebelum itu beliau adalah kepala sekolah mts al-mukhlishin dan sampai sekarang pun beliau masih menjabat di kedua sekolah tersebut,hebat yeh ?? pa aden memang luar biasa uletnya ,beliau kembali embangun aliyah yang waktu itu jumlah siswanya hanya belasan orang, sampai sekarang jumlah siswa sudah mencapai seratusan orang lebih.beliau melakukan pendekatan dengan para siswanya sehingga bisa dibilang pa aden ini adalah guru,kepala sekolah, sekaligus teman bagi para siswanya,entah sampai kapan pa aden menjadi kepala sekolah ma al-mukhlishin ini,tapi saya beharap pa aden bisa terus disini dan memajukan aliyah dalam kuantitas maupun kualitas..
Ma al-mukhlishin melahirkan banyak siswa berprestasi tiap angkatannya,bisa dibilang sebagian besar para Alumnus angkatan pertama Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin menjadi guru,begitupun alumni sesudahnya,saya mengutip perkataan pa yusup,kata beliau :”kalau lulusan Aliyah Mah minimal jadi guru” .Oke,kita akan membahas prestasi aloemni angkatan ke-tiga Madrasah Aliyah Al-Mukhlishin,karna yang saya sering saya dengar adalah angkatan ini adalah masa kejayaan prestasi.” Lah ?,Trus sekarang masa apa dong ??”.adalah sosok yang sangat kita kita kenal, dan pribadi saya mengaguminya yaitu Bapak Ustadz Enjang Fauzi S.Ag, sewaktu masih di Madrasah Aliyah Al-Muklishin beliau sering menjuarai lomba-lomba tinkat jabotabek bahkan provisnsi,seperti prestasi besarnya pada saat menjuarai lomba cerdas cermat di UIN Jakarta?saat itu IAIN? dan mejadi juara satu,sungguh luar biasa,pokonya prestasi para siswa Madrasah aliyah al-mukhlishin dari awal berdirinya sampai sekarang pun masih bisa di sebut membanggakan ponpes al-mukhlishin itu sendiri.Dari mulai lomba bidang agama sampai Olahraga kita pernah merasakannya.
Hmmm,setelah menyiggung prestasi atau kualitas saya saya teringat tentang kuantitas, sekarang memang bisa kita lihat sendiri bahwa peminat sekolah berbasis agama semakin berkurang,tapi itu bukan halangan bagi Madrasahh aliyah al-mukhlishin menyi’arkan sekolah agama,saya teringat slogan bapak enjang fauzi bahwasanya kita bukan yang pertama,tapi buktikan bahwa kita adalah yang terbaik.yup !,memang betul,siswa madrasah aliyah al-mukhlishin memang tak pernah lebih dari seratus tiap angkatannya bahkan mungkin kurang,tapi kita selalu berusaha jadi yang terbaik minimal di lingkungan ponpes al-mukhlishin sendiri.

Profil MA AL-MUKHLISHIN :
Nama MA-Al-mukhlishin
Tahun berdiri : 1988
Kepala sekolah :

1.1988-1990
Kepsek :Akrom
Wakasek :Mahmud Sidik

2.1990-1996
Kepsek :Heri Juhaeri
Wakasek Kr :Ir. Cahya Purnama
Wakasek KS :Khodijah

3.1996-1997
Kepsek :Warsono
Wakasek Kr :Ir. Cahya Purnama
Wakasek KS :Khodijah

4.1997-2006
Kepsek :Drs. Suparman
Wakasek Kr :Ir. Cahya Purnama
Wakasek KS :Khodijah

5.2006-2008
Kepsek :Yaya Suhaya
Wakasek Kr :Enjang Fauzi
Wakasek KS :-

6.2008-2014
Kepsek :Aden, M. Pd.I
Wakasek Kr :Enjang Faozi
Wakasek KS :H. taufik Hidayat, lC

7.2014-
Kepsek :Taufik Hidayat
Wakasek Kr :Lilis Ratnadiana
Wakasek KS :M. yusup. S. Ag

Guru yang dari awal sampai sekarang : pa suparman, pa cahaya, pa tomi.
Alumni yang bisa kita kenal : pa ilyas, pa yusup, pa enjang, ka fathan, ka syarif, ka islah, ka takim, pa subur(kepsek aliet), pa rudi.
*Kharim Al-Kham.